Untuk meningkatkan performa situs, beberapa informasi tentang Anda saya catat: Alamat IP, User Agent, dan waktu Anda mengakses situs ini

Karakter, sikap dan watak adalah tiga hal yang pasti dimiliki manusia. Tapi banyak orang tidak paham apa arti dari masing-masing elemen ini.

Pada dasarnya, manusia hidup mengikuti azas perubahan. Dan secara garis besar, karakter dan sikap bisa berubah tergantung kemauan, pengaruh faktor lingkungan dan besarnya usaha yang dilakukan untuk merubahnya. Hanya watak yang tidak mungkin berubah karena elemen ini merupakan pembawaan yang sudah melekat sejak lahir atas pengaruh genetika.

Karakter

Dalam kenyataan umum, karakter bisa digambarkan sebagai sifat manusia pada umumnya dimana manusia mempunyai banyak sifat yang tergantung dari faktor kehidupannya sendiri.

Karakter seperti:

  • Pemarah
  • Sabar
  • Ceria
  • Pemaaf

Dan banyak lainnya, karena setiap manusia pasti mempunyai karakter yang berbeda.

Manusia sebagai makhluk individu-sosialis mempunyai karakter sosial yang kuat berbeda dengan makhluk-makhluk hidup lainnya. Karakter bersifat semi permanen di mana jika kita tidak menginginkannya lagi maka dengan mudah kita bisa menghapusnya.

Yang jadi masalah adalah apabila suatu karakter sudah menetap dalam diri seseorang untuk jangka waktu yang lama dan seseorang sudah berada dalam zona nyaman dengan karakternya itu, seberapa kuat kemauannya untuk berubah.

Apabila seseorang sudah mau berubah, masih ada masalah lain yang tak kalah pentingnya yaitu seberapa keras perjuangannya untuk bisa berubah. Dari perubahannya itu, adalah bukan hal yang mudah dan dapat dicapai dalam waktu satu malam, bukan seperti makan cabe, yang sekali gigit langsung terasa pedes.

Kebayang sudah berapa puluh tahun mungkin si karakter telah mengendap dan mengalir lancar dalam dirinya sendiri. Kebayang pula sudah berapa puluh tahun kita telah terbiasa menjalankan karakter tersebut.

Yang mungkin menunjang cepat lambatnya proses perubahan karakter adalah jika lingkungan pergaulan kita juga ikut berubah. Karena secara psikologis, dengan siapa kita bergaul itu akan memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap karakter kita.

Sikap

Sikap adalah perasaan seseorang tentang obyek, aktivitas, peristiwa dan orang lain. Perasaan ini menjadi konsep yang merepresentasikan suka atau tidak sukanya (positif, negatif, atau netral) seseorang pada sesuatu.

Sikap muncul dari berbagai bentuk penilaian. Sikap dikembangkan dalam tiga model, yaitu afeksi, kecenderungan perilaku, dan kognisi. Dimana Respon afektif adalah respon fisiologis yang mengekspresikan kesukaan individu pada sesuatu. Kecenderungan perilaku adalah indikasi verbal dari maksud seorang individu. Respon kognitif adalah pengevaluasian secara kognitif terhadap suatu objek sikap. Kebanyakan sikap individu adalah hasil belajar sosial dari lingkungannya.

Bisa terdapat kaitan antara sikap dan perilaku seseorang walaupun tergantung pada faktor lain, yang kadang bersifat irasional. Sebagai contoh, seseorang yang menganggap penting transfusi darah belum tentu mendonorkan darahnya. Hal ini masuk akal bila orang tersebut takut melihat darah, yang akan menjelaskan irasionalitas tadi. Sikap juga dapat mengalami perubahan sebagai akibat dari pengalaman yang sudah diambil.

Watak

Salah satu metode untuk mengenal watak manusia adalah yang disebut dengan Eneagram, yang berasal dari bahasa Yunani ENNEA yang artinya sembilan. Eneagram menggambarkan tipe energi alam yang melambangkan cara orang dalam menentukan pilihan, bertingkah laku, dan sifat-sifat asli atau watak manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Ke-9 sifat itu adalah :

  1. Perfeksionis
    Orang dengan watak ini cenderung realistis, memiliki suara hati yang peka dan memiliki prinsip yang amat kuat. Umumnya memiliki idealisme yang tinggi
  2. Helper
    Tipe ini memiliki kecenderungan orang yang peduli dengan lingkungannya, suka menolong, peka terhadap kebutuhan orang lain, dan amat bersahabat
  3. Achiever
    Ciri-ciri tipe achiever adalah penuh semangat, selalu hidup optimis, punya kepercayaan diri yang kuat, dan memiliki visi atau arah yang akan dicapai. Umumnya orang-orang ini adalah motivator bagi orang lain di lingkungannya
  4. Romantis
    Penuh pengertian, peka terhadap perasaan dan pergaulan penuh kehangatan adalah ciri-ciri orang romantis.
  5. Observer
    Memiliki keingintahuan yang tinggi akan ilmu pengetahuan
  6. Questioner
    Penuh tanggung jawab, setia pada keluarga atau kelompok, biasa kita sebut loyalis, orangnya dapat dipercaya
  7. Adventurer
    Penuh semangat, lincah, dan optimis. Punya ambisi untuk menghasilkan sesuatu di dunia
  8. Asserter
    Suka terus terang, langsung apa adanya, percaya diri yang tinggi
  9. Peacemaker
    Baik hati, mudah menerima, suka mendukung dan suka menyatu dengan lingkungan sekitarnya

Ke-9 sifat ini tidak ada yang negatif, namun apabila seseorang terlalu dominan pada 1 sifat saja, maka yang terjadi adalah benturan sifat dengan sifat lainnya. Hal inilah yang harus kita mengerti ketika berhubungan dengan orang lain, baik itu pasangan kita ataupun sahabat kita.

Dan dari artikel ini, dapat diketahui bahwa karakter, sikap dan watak seseorang berbeda-beda, dan dari perbedaan inilah yang akan timbul suatu masalah/konflik untuk diselesaikan  dengan sebuah pemecahan masalah

Content Protection by DMCA.com
,